Solo Backpacker ke Labuan Bajo Flores part 2

17 agustus 2015, dirgahayu tanah airku tercinta.

pagi setelah mencari sarapan gw, mengantar anak malang 4 orang ke kapalnya, mereka akan LOB (live on board) selama 5D4N di taman nasional komodo, dan berakhir di lombok. disini baru terasa kalau backpacker solo tidak lah seru. semua pasti akan berpisah pada waktunya. setelah mengantar mereka, gw dan kang irvan mencari penginapan untuk malam selanjutnya, dan mencarikan teman untuk gw buat LOB, karena tidak sangat memungkin pergi sendiri buat LOB, mencari kesana kesini tour travel, dengan harga yang sesuai dengan kantong dan tujuan yang gw pengin sangat lah sulit. sudah hampir tengah hari tour travel tetap tidak bertemu,

DCIM100GOPROG0223883.

selamat jalan kawan, sampai bertemu didunia sana, woelah

setelah capek keliling2, akhirnya kita istirahat bentar di penginapannya kang irvan sambil minum coca cola dingin, menikmati ombak dan nyiur angin pantai. akhirnya aldi salah satu dari 4 orang bp jakarta nyusul kesini. setelah ngobrol2 sana sani, cerita kalau gw belum nemuin tour travel. akhirnya dia nawarin ikut rombongan dia, yang cuma 4 orang di kapal. tapi harganya belum cocok. dan katanya lebih baik gw ngobrol langsung dengan kapten kapalnya (pak ilyas). OKE! kata gw. akhirnya kita balik ke penginapan nelayan, dan gabung dengan 3 orang lagi temannya (sari, bebek, lulu). cerita kalau gw mau ikut rombongannya mereka tidak keberatan.

DCIM100GOPROG0243894.

di penginapan kang irvan, enjoy it.

setelah mengecek sisa saldo, dan masalah muncul lagi, kartu atm gw ke blokir karena salah mencet pasword. tapi calm down, setelah buat panggilan kesana kesini akhirnya aktif lagi, no problem. menjelang sore kita boci dulu. sorenya setelah makan sore rapel dengan makan malam, kita kembali kepenginapan kang irvan buat sunsetan, nongski ganteng cantik sampai jam 9 malam, kita kembali kepenginapan (kita gk jadi pindah, gk nemu yang lebih murah) buat breffing dengan kapten kapal, dan ngasih tau klo mereka tambah anggota. no problem katanya, asal mereka berempat tidak keberatan dengan harga yang berbeda dengan yang gw bayar. no problem mereka tidak keberatan. Yes!! i got ship. kita bakal berangkat bsok pagi.

DCIM100GOPROG0403944.

nongskay keren di labuan bajo (tinggal ber6)

18 agustus pagi, setelah membeli sarapan di pasar dekat pelabuhan kita brangkat dengan kapal kecil pak kapten (pak ilyas). brangkat!!!..

DCIM100GOPROG0413954.

WE ARE READY!!!!!

tujuan pertama adalah pulau padar, tapi karena ombak sedang besar2nya, perjalanan di alihkan ke manta point. tempat berkumpulnya manta rai. manta point adalah lautan dengan kedalaman sekitar 10m dan arus yang sangat tenang, sumpah airnya jernih banget. dasarnya kelihatan dengan jelas. dan how lucky we are. dengan keberuntungan pak ilyas kita bertemu dengan puluhan manta yang berenang2 di bawah kapal kita. setelah aksi kejar mengejar dengan manta akhirnya gw nyerah, lumayan kencang tuh manta berenang, gwnya aja yang lambat kali, beda dengan pak ilyas yang buru si manta buat motret.

ngejar-manta

pak ilyas berenangnya kenceng banget

setelah puas dengan manta, kita menuju tempat selanjutnya taka makassar. taka makassar adalah pulau kecil yang cuma seonggok. buat tempat istirahat doang, dengan pasir yang putih dan bibir pantai yang landai. angin sepoi2 ombak yang tenang, setelah puas dengan poto2, kita naik kapal untuk makan siang, dan perjalanan dilanjutkan ke pulau komodo, tepatnya di pink beach yang mainstream. dan pantainya keren bersih “rada” pink.  kita di ajak untuk naik bukit untuk liat lebih keren pink beach, dan setelah sampai di atas, dan barulah kelihatan kerennya pink beach yang terkenal itu. lebih keren dari pada yang poto2, setelah turun dari bukit kita nyebur ke laut. dan ternyata bawah lautnya kampret banget. keaneka ragamannya terbanyak yang pernah gw temui, nemu pari manta, yang katanya beracun untung gk agresif, dan beraneka jenis ikan lainnya. sesuatu yang gw sadari disini adalah, di flores air lautnya dingin banget. meskipun tengah hari.

img_3119

istirahat bentar di taka makassar

img_3122

taka makassar 

DCIM100GOPROG0514059.

di atas bukit pink beach pulau komodo, bareng pak ilyas

setelah puas dengan bawah laut komodo, kita melanjutkan perjalanan ke kampung/desa komodo. tempat kita akan stay untuk 2 hari. kerennya desa ini adalah ke “eksotisannya”, kalau di tempat biasa burung2 yang lalu lalang adalah gereja, pipit, merpati, disini adalah burung gagak. beberapa warga memiliki ternak kambing dan ayam. dan alhamdulillah belum ada yang berani melihara komodo. komodo jarang masuk ke wilayah desa, jarang ya bukan gk pernah, dan untuk kasus warga dibunuh komodo pun ada, tapi jarang. disini listrik cuma ada malam hari. untuk urusan sinyal, kita bisa pergi ke dermaga untuk mendapatkan sinyal full. untuk air bersih sendiri masih memanfaatkan dari sumur atau penampungan, yang tiap sore orang2 bawa jirigen ke penampungan. dan sesuatu yang baru gw sadari adalah malam di flores dingin, baik itu di labuan bajo maupun di komodo, meskipun di pinggir pantai.

DCIM100GOPROG0524072.

lepek. welcome to komodo village. 

19 agustus, setelah ngopi dan sarapan, masakan istri pak ilyas boleh juga, masakannya. kita melanjutkan trip selanjutnya ke taman nasional komodo, yang ada komodonya. disinikita bisa milih 3  jarak perjalanan, short trakking, middle, atau long. karena kita petualang tangguh dan kuat, kita pilih short trek. woelah. alasannya karena jadwal kita padat. alasan. setelah bertemu beberapa rusa/kijang, akhirnya kita sampai kayak rumah panggung gitu, and for the first time bertatap muka dengan komodo, yang biasanya cuma liat di tipi. kata rangernya, semakin tua komodonya makin mager dia. klo masih muda rada lincah dan agresip. dan komodo2 yang kita temui yang mager semua, paling2 jalan santai doang, gk ada ampe yang lari2 atau lagi berantem, berantem sama ranger. ranger merah. woelah. dan kata rangernya komodo yang di pulau komodo lebih kalem dari pada komodo yang di pulau rinca.

img_3288

santai dulu bosque

DCIM100GOPROG0544081.

sibuta dari goa hantu

setelah pamit dengan komodo kita melanjutkan perjalanan ke Pulau padar. anak IG pasti tau lah. setelah melewati arus yang bikin lulu ketawa2 ketakutan, akhirnya kita sampai di pulau padar. dan pulau ini lebih keren dari pada yang di poto2. eksotis banget. afrika sama new zealand kayaknya kiblatnya kesini. untuk mencapai puncak kita trakking sekitar 45 – 60 menit. traknya landai di awal, rada nanjak di akhir2, tapi gk parah2 amat. puncaknya gk ada apa2, cuma tiang doang, tapi dengan pemandangan yang lepas 360 derajat. yang biasanya tempat foto2 orang di sepertiga sebelum puncak, dengan pemandangan pulau padar yang membelah lautan menjadi 3 bagian. eh pulaunya menjulur ke 3 bagian, eh atau apalah namanya.sumpah ini keren banget. setalah cekrek2. kita turun. sampai di kapal kita makan siang, dan ketika mau cabut. kapal kita mogok. yeee trouble againt. setelah terkatung2 selama sejaman, dan ngoprek2 mesin kapal. kita melanjutkan perjalanan ke pantai namo. kalau sebelumnya gw bilang pink beach rada pink, nah disini pantainya yang pink, gk pakai rada. karena udah panas-panasan dan capek mendaki bukit, owh ya disini siangnya panas banget. masasih!. gw langung nyebur dan langsung kedinginan, etdah maunya apa ni. di namo karang2nya masih rapat2. virgin, dan banyak bagian dalamnya enak buat freedive.

DCIM100GOPROG0584113.

anak IG

DCIM100GOPROG0654195.

pantai namo, nah ini baru pink

next hari sudah sore dan saatnya sunset time. kita melewati pulau kalong yang katanya kalongnya sudah jarang pulang. ntah ada masalah apa di rumahnya. broken home. dan sunset point yang di bawa oleh pak ilyas merupakan sunset point yang terbaik, buktinya banyak kapal2 disini, mulai dari kapal kecil kayak kapalnya pak ilyas sampai pinisi, sunset terbenam di balik pulau komodo, di tambah dengan siluet kapal2 dan orang2 di gladaknya. asik bercengkrama tentang senja. asik.

img_3373

mataharinya jatuh di antara bukit. pemandangan 360 full dengan kapal. 

malamnya setelah makan malam dan nongskay2, kita kedatangan tamu saudaranya pak ilyas, membawa 2 orang tamunya om arbi dan om amy.dua sejoli, anak jakarta, backpacker nekad. setelah nongsky2 gembira di dermaga (update medsos). kita kembali ke rumah pak ilyas, ini malam terakhir disini. bsoknya kita pulang. bye bye

DCIM100GOPROG0704269.

thanks untuk kehangatannya. woelah

last day di TNK kita + backpacker gila jakarta 2 orang kita ke gili laba, mirip2 pulau padar, kita naik bukit lagi. tpi disini dari awal ampe akhir nanjak bro. gk ada landai2nya. setelah cekrek2 kita lanjut ke pulau kanawa. pulau kecil di flores ini tenang banget pulaunya, gk terlalu banyak pengunjung tapi kamarnya full. jadi sebenarnya pulau ini resort. resort di pulau. dipulau ada resort. bodo amat. setelah dari kanawa kita back to daratan. labuan bajo. hari ini tanggal 20 agustus. hari ke 10. perjalanan. kita kembali menginap di pelabuhan nelayan. masih betah di flores. dan bsok kegilaan dimulai.

img_3422

gili bala bala. eh gila laba

DCIM100GOPROG0764328.

kawana oke. 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s