Solo Backpacker ke Labuan Bajo Flores part 1

jauh sebelum keberangkatan, sekitar setahun sebelum keberangkatan sekitar tahun 2014 awal,Gw telah membeli tiket pesawat merpati, BDG-BALI-LABUAN BAJO, LABUAN BAJO-BALI-BANDUNG. 4 penerbangan sekaligus dengan harga total 300K. tapi tuhan berkata lain, merpati kollaps sebelum brangkat. (Kampret)

Tapi Gw masih penasaran dengan labuan bajo, gerbang dan pintu masuk Taman nasional Komodo. dan setelah berakhirnya perkuliahan (wisuda) pada pertengahan, dan tawaran dari satu perusahaan  untuk bekerja secepatnya setelah gw lulus. akhirnya gw ngambil keputusan untuk harus berangkat ke labuan bajo sebelum wisuda. dengan atau tanpa seorangpun.

Berangkat dari padang tanggal 10 agustus, by flight ke jakarta. karena kemalaman dan tidak ada travel ke bandung, akhirnya nginap di bandara( yes perjuangan start from here), di bandung istirahat 2 hari semalam, menyiapkan segala perlengkapan tempur, bsok malamnya tanggal 12 agustus, gw brangkat menuju lempuyangan jogja. 13 agustus subuh sampai di lempuyangan, nyari sarapan dan beli makanan, dan minuman. untuk melanjutkan perjalanan.

DCIM100GOPROGOPR3764.

lempuyangan

13 agustus malam, tiba di banyuwangi setelah ngobrol panjang dengan richard, bule belanda yang backpacker dengan 3 orang cew bula lainnya (menang banyak lo njir). richard banyak bertanya tentang indonesia seperti kenapa orang salaman tangannya sering di letakkan ke kening (salim). tentang islam knapa ada bangunan yang berisik seperti bernyanyi di tiap jam2 tertentu (azan), dan tentang knapa orang ramai2 bawa carrier, gw bilang lusa adalah hari kemerdekaan indonesia. meraka ingin mengibarkan bendera di puncak2 tertinggi indonesia, lalu dia minta maaf atas penjajahan negaranya dulu.hmmm oke. dan cerita tentang kopi, kenapa orang indonesia bikin kopi dari sachet masukin ke gelas tambah air panas lalu di aduk. (?). lah emang gitu orang buat kopi tradisional. its not coffee its just “drink “. hmmm oke.

DCIM100GOPROGOPR3768.yah blur. richard menang banyak. kampret lo

14 agustus dini hari tiba di ubung, nunggu jemputan teman (bayu) yang ketiduran -__-. setelah menunggu 3 jam akhirnya dia tiba dengan mata merah (?). motor melaju membelah tol atas laut. sampai di daerah nusa dua, istirahat di kosannya. setelah menunjukan mesjid (hari jumat) dia lalu pergi kuliah, dia orang hindu. mesjid yang di tunjukan adalah kawasan tempat ibadah 5 agama. so sweet man. jam 3 sore kita berangkat ke denpasar nyari tiket kapal yang brangkat bsok ke labuan bajo. dan ternyata tutup (WTF!!) kita disuruh untuk beli langsung di pelabuhan malamnya. yasudahlah menunggu malam kita pergi ke uluwatu, “jalan2” di bali untuk pertama kali. malamnya kembali ke pelabuhan untuk beli tiket dan ternyata tiket ke labuan bajo habis (WTF2!!!) tapi ditawarin buat beli tiket sampai bima, (bima 200rbu ke labuan bajo 250rbu) katanya ntar bisa nambah ke petugas biar bisa turun di labuan bajo. (ini penyebab kapal bnyak karam keknya. dan gw juga nolong, :”( ) setelah beli tiket kita jalan2 ke denpasar lihat rumah angelia. tau kan angelia? bocah yang di bunuh itu. mencekam bnget dah rumahnya. oke.

DCIM100GOPROGOPR3769.

harmoni, at puja mandala nusa dua

 

 

 

 

DCIM100GOPROG0053794.

padang padang beach. with bayu

15 agustus beli sarapan, dan langsung cus ke tanjung benoa. setelah beli air di pelabuhan gw pamit ke teman, thanks bro. selagi nunggu gw incar orang2 bercarrier buat jadi temen perjalanan. nih tips khusus klo pergi sendiri, biar gk bener2 sendiri. pas dikapal cari tempat tidur dan akhirnya ketemu, 4 orang backpacker dari malang, unbraw (Yoga, jeffri, dapit, ardhe). yang juga pengen ke labuan bajo. dan akhirnya dapat kasur tepat di depannya. alhamdulillah. bisa ngobrol2.

DCIM100GOPROGOPR3854.

hallo tilong!!!!

32 jam di kapal Tilongkabila, berangkat dari tanjung benoa jam 11 menuju, pelabuhan lembar lombok, lanjut ke bima sumbawa, dan setelah itu baru ke labuan bajo (playlist : Dialog dini hari – road). dengan tujuan akhir bitung gorontalo. yang kata penumpang yang turun di bitung, mereka akan sampai disana seminggu lagi. (waaah). di kapal dihabiskan dengan membaca buku TITIK NOL nya agustinus wibowo, main kartu bareng anak2 malang, ngopi di deck atas, hunting penumpang, sunset, sunrise, dan dapat paus (my first time to see you).

IMG_2966

antri buk pak

 

DCIM100GOPROG0183855.

suasana di kapal. with titik nolnya agustinus dan 4 bocah “malang” di seberang

16 agustus siang kapal berlabuh di bima, mengangkut bejibun penumpang (gila penuh banget disini) yang jualan juga banyak, parah bnget dah. owh ya di kapal kita dikasih makan 3 kali sehari, tapi jangan harap makanannya enak. Hambar coy. ala kadarnya. di tambah dengan kondisi toilet yang memprihatinkan, membuat perjalanan di laut 32 jam begitu lama. sorenya pas hanting sunset setelah berlabuh menuju labuan bajo, kita berlima (gw dengan bp malang) bertemu dengan satu orang lagi (kang irvan), tour travel dari bandung yang sering guidein orang ke labuan bajo. dan ternyata sekampus ama gw (kebetulan). dan ternyata mereka yang anak malang memakai tour travelnya doi. yaelah. kecil banget dunia.

DCIM100GOPROGOPR3865.

suasana di dalam kapal. suramnya tampang kek toilet dan makanan di kapal

IMG_2971

Sunset with kang irvan, yoga, jeffri

16 agustus skitar jam 8 malam akhirnya tilong merapat di labuan bajo. (YEEE!!). sebelum turun kita bertemu lagi dengan BP jakarta anak mercubuana 4 orang, 1 cow 3 cew (aldi, lulu, bebek, sari). dan kebetulan semuanya, GW anak unbraw malang 4 orang dan anak mercubuana 4 orang adalah orang yang lari setelah skripsi. jadi kita seangkatan semua.(Kebetulan lagi). setelah mendapat rekomendari dari kang irvan, kita stay di penginapan nelayan, 35ribu permalam.(penginapan termurah yang gw temui).kami bersembilan (gw, anak malang, anak mercu) nginap disini. kang irvan nginap di tempat temannya. setelah bersih2 dari kekejaman tilong, kita keluar mencari makan malam, setelah makan malam kita, siap hunting mily way dan jalan2 malam di labuan bajo. dan ternyata labuan bajo tak seglamour yang gw pikirin. labuan bajo tenang, gk rame, dikit orang yang lalu lalang. jam 11 udah sepi. tpi masih rame di beberapa tempat resort atau cafe mahal. yang pasti kita2 gak kesana. setelah dapat milky waynya kita nongkrong bentar ketawa2. kita istirahat. bsok semuanya dimulai.

DCIM100GOPROGOPR3870.

Ready untuk menginjak daratan flores

 

IMG_3027

cieee milky way cieee.. dengan telanjang pun klihatan. matanya yang telanjang

DCIM100GOPROG0213881.

full team, angkatan akhir kampus. at penginapan nelayan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s