Catatan Perjalanan Pendakian Gunung Rinjani. 23 – 29 agustus 2014.

Catatan Perjalanan Pendakian Gunung Rinjani. 23 – 29 agustus 2014.

Ini merupakan master plan yang terlaksanakan, dari 7 bulan sebelum hari H mempersiapkan semuanya, mulai tiket dan mengatur jadwal-jadwal. Alhamdulillah dapat promo AA bandung – denpasar 128k PP 20-29 agustus. Tapi karena adanya suatu trouble, maka keberangkatan diundur menjadi tanggal 23 dengan membeli tiket baru seharga 460k. Saya bersama teman bertiga asalnya berempat, yang satu juga ada trouble dan pulang duluan, teman yang 2nya telah duluan brangkat tanggal 20, jadi kita ketemuan dipintu pendakian sembalun.

23 agustus.

Sesuai jadwal pesawat berangkat pukul 22.00WIB, dan dapat delay sejam, jadinya landing di bali pada pukul 00.00 WITA kalau gak salah, haha..

24 agustus,

Setibanya di ngurahrai, saya dijemput teman yang berdomisili di bali dan mengantarkan ke padangbai. 03.00 tiba di padangbai, beli tiket, nunggu sekitar sejam dan brangkaaatt.. tiba di lembar sekitar pukul 09.00 karena diburu waktu terpaksa naik ojek ke mandalika, beli logistik disini. Trus dilanjutkan naik elp ke aikmel (Di akmel kita juga bisa beli logistik). Tiba disembalun jam 13.00. nyari sarapan, packing2, sholat dan siap2 mulai perjalanan. Disini kita ketemu dengan rombongan lain 3 orang. Jadinya kita naik 6 orang. 15.00 start dari sembalun, jam 19.00 tiba di pos 3. Track selama perjalanan lumayan santai tapi jaraknya lumayan jauh. Karena sudah kehabisan tenaga kita camp malam pertama disini. Dari sini kita bisa melihat milkyway secara langsung. Luarbiasa.

milky way di pos 3

milky way di pos 3

25 agustus.

09.15 kita mulai perjalanan lagi, dan disinilah yang dinamakan mendaki, bukit 7 penyesalan. Kenapa penyesalan,kata guide disana ceritanya dulu dewi anjani telah melewati setengah bukit7penyesalan ini, karena dia sudah terlalu letih dia menyesal melarikan diri kesana, karena mau turun jauh mau naik capek dan jauh juga. Haha.. dan benar, luar biasa menguras tenaga. Aku terpisah dengan rombongan yang masih dibawah. Karena kelaparan dan logistik masih dibawah terpaksa minta coklat ke orang yang mau turun. Pukul 13.00 akhirnya tiba di puncak plawangan sembalun. Tempat camp terakhir sebelum muncak. Disini kita sudah bisa melihat danau segera anak.

puncak plawangan sembalun

puncak plawangan sembalun

tempat camp di plawangan

tempat camp di plawangan

26 agustus,

02.00 ternyata summit dirinjani pukul 02.00 beda dengan semeru yang jam 23.00. yang aku pikirkan adalah berarti ini lebih ringan dari pada summit semeru. Tapi ternyata itu beda, summit di rinjani meskipun lebih cepat dari pada semeru, tapi tracknya lebih panjang. Setelah melewati batas vegetasi, kita harus mengikuti sebagian bibir kawah dulu sebelum benar2 muncak dipasir dan batu kerikil. Dan alhamdulillah dengan kekuatan gula merah kita tiba dipuncak sekitar jam 06.00. puncak no.2 gunung api di Indonesia 3726Mdpl. Dipuncak banyak terdapat bendera dan plang nama “puncak rinjani”. Jadi gak terlalu panjang ngantri buat fotonya. disini kita menunggu satu orang rombongan kita yang belum tiba, pukul 08.00 kita putuskan buat turun siapa tau dia nyerah dan balik. Ternyata pas kita mau turun, satu orang itu sedang berjuang di pendakian terakhir, haha.. dan alhamdulillah lagi kita semua tiba dipuncak rinjani. Satu jam setelah itu kita turun. 10.30 kita tiba diplawangan. Mandi dulu, eh lebih tepatnya membersihkan diri. Oh ya jalur sembalun terdapat 2 mata air yang berada di pos 2 dan plawangan. Disini logistik kita dicuri monyet. Di Rinjani masih banyak terdapat monyet-monyet liar. Monyetnya agresif tidak pemalu. Jadi hati-hati saja. Dan harap tendanya dikunci sebelum summit disini katanya juga rawan. Karena kita kehabisan logistik dan diburu waktu kita tidak sempat menikmati bonus gunung rinjani, Danau segera anak. 15.00 kita turun lewat sembalun lagi. Pukul 21.00 kita tiba di pos pendaftaran setalah jalan terlalu jauh, karena pick up yang mau menjemput kita ke pintu masuk pendakian tidak kuat. Disini kita nginap di rumah bg anto (081997631414) seorang guide rinjani. Dia juga menyediakan penyewaan alat.

puncak anjani

puncak anjani

27 agustus

Disini kita dikasih kopi dan gorengan di malam hari dan pagi hari kayak penginapan, jadi basi-basi dikit lah disini. pukul 12.30 kita keluar dari TNGR ( Taman Nasional Gunung Rinjani ). Dan tiba di Mandalika pukul 16.30. Disini kita pisah 3 orang yang kami temui tadi kerumah saudaranya, dan kami kerumah seorang teman. Pendakian Rinjani selesai.

BIAYA:
BDG-DPS PP = 128k
BDG-DPS = 640k
Padang bai – lembar = 40k
Lembar – mandalika = 35k (pakai ojek)
Mandalika – aikmel = 20k
Aikmel – sembalun = 20k
Pendaftaran gn. Rinajani = 15k
Pick Up ke pintu masuk pendakian = 20k

Total yang saya habiskan kemaren adalah 1.3juta.

P.S: Gunung Rinjani panas. Siap2 aja turun gunung kulit pada terbakar, haha.. jadi siapkan apa saja yang bisa mencegah itu terjadi. Bawa gembok kunci. Siapkan logistik dan waktu yang bebas biar bisa berlama-lama dirinjani, dan bawa mata pancing. Terakhir jangan sombong atau takabur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s