Catatan perjalanan menuju puncak abadi para dewa ( mt. semeru )

Kamis 31 oktober 2013

20.30 kami berangkat dari stasiun kiaracondong bandung menuju kediri,

IMG_4140

Jum’at 1 november 2013
10.30 kami tiba di kediri, ngantri tiket kereta ke malang. Kami dapat tiket jam 1. Habis itu kami cari makan, dan bertemulah kami dengan warung makan bu’ sri. Recommended. Dari pintu stasiun lurus ke jalur 2, sktar 200m sebelah kanan. Disanalah warung ibu sri. Setelah ngobrol, dan kereta kami masih lama. Kami mencari alternatif lain, yaitu naik bus puspa indah. Setelah menunggu cukup lama akhirnya busnya datang dan tiket kereta kami hangus. -.-

IMG_0704

nih warungnya buk sri

15.00 kami tiba di terminal landung sari, ngambil tenda yang mau disewa, sholat, habis itu brangkat menuju, arjosari, lanjut ke tumpang.

18.00 tiba di tumpang, nunggu di depan alfamart sambil beli logistik yang kurang, dan nunggu jeep. Setelah menunggu cukup lama akhirnya kami berangkat, penumpangnya Cuma ber4, kami ber3 ditambah mbak dian dari surabaya, di sepanjang perjalanan dia tidak berhenti bercerita tentang perjalanannya.

21.00 tiba di ranu pane, setelah jalan kaki dan naik ojek. Karena di tengah jalan ada jalan yang rusak. Kami menuju mushalla, sholat, makan. Bersiap2 buat jalan malam. (ini illegal jangan ditiru).

23.00 kami berangkat menuju ranu kumbolo, setelah di jagal oleh petugasnya, dengan sedikit berakting kami berangkat. (sumpah ini jangan ditiru)

Saptu 2 november 2013
03.00 perjalanan malam yang melelahkan, kami tiba di ranu kumbolo, dengan keadaan ngantuk, lapar, capek, kami buru2 buka tenda. dan langsung masuk tidur.

05.30 suasana di ranu kumbolo sudah gaduh, kamipun terbangun, kami kira ini sudah jam 8, ternyata masih subuh,

selamat pagi ranu kumbolo

selamat pagi ranu kumbolo

10.30 setelah masak kami brangkat menuju kalimati. Perjalanan ke kalimati akan di suguhi pemandangan yang indah.

mahamaru dari perjalanan menuju kalimati

mahamaru dari perjalanan menuju kalimati

13.30 menapaki kaki di sebuah halaman luas, yoi kalimati. Setelah masak, istirahat sejenak kami pergi mencari air, di iringi dengan gerimis yang ringan.

IMG_4458

nih kalimati disini anginnya gak nyantai

18.00 kita siap2 tidur,

22.30 bangun, persiapan buat summit attack. Sumpah dingin. Dan membuat roti sosis ala kadarnya sebagai bahan bakar selama muncak.

23.30 berangkat, setelah menunggu rombongan yang mulai bergerak

Minggu 3 november 2013
jam 4 lebih,(gk sempat liat) akhirnya dengan izin tuhan kami berdiri di puncak tertinggi jawa. Mahameru. Disini sumpah parah dingin anginnya kencang. Setelah foto-foto dan mandangin sunrise. Kami bergegas turun karena sudah gak kuat dingin.

IMG_4371

ayo naik sang fajar

IMG_4333

NKRI HARGA MATI!!!!

IMG_4266

subahanallah

7.30 kami tiba kembali ke kali mati
segera kami masak, lapar banget coy. Disini kita ngabisin makanan yang ada. Ngurangi beban nnti pas turun, setelah makan, istirahat sejenak sambil ngobrol ama tenda tetangga.

10.30
kita berangkat menuju ranu kumbolo,

dari atas bukit cinta

dari atas bukit cinta

12.00
tiba di ranu kumbolo, duduk di pos, sambil makan wafer. Disini sempat gerimis, dan rakum diselimuti kabut. Keren.

13.00
kami menuju ranu pane, lewat ayek-ayek. Jalur yang lewat savana, muncak di bukit. Disini hujan turun dan kotorlah apa yang kami pakai, karena tanahnya nempel. Di ¾ jalan kita bertemu tukang ojek, dan mengantar kita sampai portal, dan gak perlu lewat pos pendaftaran.

IMG_4499

Udah gak tau jam.(karena capek)
setelah tiba di portal, jalan kaki menuju tempat naik truck. Disini pemandangannya keren banget, sebalah kanan bromo, disebalah kiri kita bisa liat mahameru. Sayangnya gak sempat moto. Males capek. Haha.. setelah tiba kami naik truck yang membawa kami kembali ke tumpang. Setelah nyampe di tumpang kita bersih2, dan naik angkot. Dan berenca turun dekat stasiun malang. Di angkot menuju stasiun malang, kita bertemu orang yang nawarin tempat tidur, ya udah. Kita dikasih makan malam, sarapan pagi, dan lengkap dah.

4 november 2013
11.00 berangkat dari tempat kami tidur ke stasiun malang, beli tiket tapi Cuma dapat yang jam 18.45, ya sudahlah. Duduk-duduk santai sampai jam itu tiba, dan sempat-sempat jemur pakaian di stasiun. Hahaa

22.00 tiba di gubeng surabaya, disini kondisi terburuk kami. Surabaya panaassss… dan banyak nyamuk. Selama perjalanan kami selalu makai baju tebal, dan disini kami terpaksa telanjang dada. Nunggu sampai jam 7.15 sangat menyiksa. Dan akhirnya kami tidur di ruangan ber-AC (dalam atm)

5 november 2013

Kita balik ke bandung, dengan perasaan yang bermacam-macam. Dan terimakasih tuhan kami semua selamat. Hehe.. tiba di kiaracondong sekitar jam 22.40

Rincian biaya:

Kereta api KAC-KDR : 50000
lotek ibuk sri di kediri: 5000
bus puspa indah: 21000
landungsari – arjosari: 7000
arjosari – tumpang : 8000
makan di tumpang : 6000
tumpang – ke(sebelum) ranu pane: 40000
ojek dari portal ke ranupane: 20000
ojek pulang: 20000
truck ke tumpang: 25000
tumpang – pertigaan blimbing: 10000
angkot ke penginapan: 5000
SBY-KAC: 55000
logistik: 100000
total pengeluaran sktar 400an,
terakhir, naik gunung tidak mempercepat kematian, diam di rumah juga tidak memperlambat kematian. tuhan bersama orang-orang pemberani.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s