tahun baru di atap jawa barat

Aku dan temanku aziz, Sudah lama punya rencana ingin tahun baru di luar bandung, tapi masih bimbang mau milih pantai atau gunung. Dan ketika tahun baru sudah semakin dekat pilihan jatuh ke…..

Gunung Ceremai! secara administratif termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Posisi geografis puncaknya terletak pada 6° 53′ 30″ LS dan 108° 24′ 00″ BT, dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut tertinggi di jawa barat.

30-12-2012, Karena demi mengejar pergantian tahun di puncak kami langsung berangkat, karena mendadak kami tidak sempat menyiapkan logistik yang lengkap, kendala pertama adalah tenda kami sudah berusaha mencari tenda tapi ternyata tidak ada, terpaksa kami meminjam tenda anak pramuka yang ada tempat kami istirahat nanti di kuningan, jam 12 siang kami langsung bergerak ke kuningan, tiba di kuningan sekitar jam 8 malam dan langsung ke pesantren tempat kami istirahat malam ini. Sesuai rencana kami ingin beli logistik disini, dan karena waktu yang singkat banyak barang yang tidak terbeli, dan kami membeli nasi goreng 3 dengan asumsi, 1 untuk sekarang, 1 untuk subuh, 1 lagi buat nanti di atas. Dan membeli roti,kacang2an, dan air mineral 1.5 liter 5 buah. Dan ketika kami ingin mengambil tenda, ternyata tenda tersebut sangat besar, sedangkan kami hanya membawa 1carrier dan 1 daypack, terpaksa kami hanya mengambil matrasnya doang. Dengan asumsi kita bikin tempat berteduh seadanya.

31-12-2012, pukul setengah 4 subuh, sesudah makan nasi goreng, kami langsung keluar pesantren dan sholat di mesjid luar komplek pesantren, lalu menunggu elf ke pertigaan linggarjati, sesampainya di pertigaan perjalanan pun di mulai, berjalan menuju pos pendaftaran, 06.00 setelah menyelesaikan administrasi kami langsung naik. Ternyata banyak yang naik hari ini. Di perjalanan kami bersapa dan tersenyum kepada pendaki yang kami lalui, sampai di leuweung datar untung kami bertemu dengan bapak yang jualan nasi uduk, lumayan untuk nambah makanan. Di perjalanan menuju kuburan kuda kami bertemu dengan rombongan dari jakarta(kalau gak salah) dan salah satunya ada yang asal bandung, dan kami disuguhi kopi dan roti, setelah itu Setibanya di pangalap kami melahap nasi goreng tadi malam, dan saling bercanda-canda dengan pendaki-pendaki lain yang tidak kami kenal, lanjut nanjak ke tenjakan seruni, setibanya di bapatere kami di landa hujan, karena kami tidak membawa ponco kami meneduh di bawah pohon dengan menggunakan banner yang kami bawa.saat meneduh sempat putus asa karena kami basah dan tak ada tenda untuk kami istirahat buat nanti malam. Kami dua kali berhenti sebelum sampai di batu lingga(akhirnya hujan-hujanan) dan bertemu dengan sang penyelamat hidup kami rombongan bg david(5 orang), mereka secara kebetulan membawa 2 tenda(1 ukuran 4-5 org, 1 ukuran 2-3 org) dan rombonganya tidak membawa matras, alhasil mutualisme terjadi disini. Kami sangat-sangat beruntung bertemu dengan mereka dan sebaliknya. Kita lanjut nanjak buat nyari tempat ngecamp, berita dari orang-orang yang turun pengasinan penuh(pos terakhir) akhirnya kami ngecamp di sangga buana II. Setelah mendirikan tenda dan hujan masih aja turun, kami cerita-cerita, main poker, makan, dan tidur.

01-01-2013 pukul 3 pagi, kami semua bangun, dan kami makan nasi uduk kemaren, setelah itu kami naik lagi buat sunrise dan ngemuncak, sesampainya di pengasinan sang mentari sudah keluar dari cakrawala nan jauh disana, kami memutuskan buat lanjut terus dan summit attack, dan akhirnya kami sampai puncak.ternyata di puncak saat itu rame banget. Setelah foto-foto dan menikmati slamet,sindoro,sumbi dari kejauhan kami turun karena mengejar damri ke bandung, setelah turun ke tempat kita ngecamp, packing. Dan langsung lari-larian kebawah waktu yang kami tempuh dari puncak sampai bawah Cuma 3 jam, setelah sampai di posko terakhir kami sadar kalau kami salah turun, posko ini lebih jauh menuju jalan raya untuk menunggu angkot, pukul 17.00 menuju kota bandung, jam 12 malam akhirnya kami sampai di bandung.

rombongan penyelamat merah putih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s