kesempatan kerja di bidang kelautan dan pertanian

kesempatan kerja di bidang kelautan dan pertanian

Pada zaman sekarang ini peluang untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah banyak, jika kita mampu mengambil peluang dan kita harus kreatif. Lihat saja Negara kita memiliki laut yang luas berisi ikan-ikan yang sangat banyak, hingga Negara kita sendiri tidak mampu untuk mengambilnya, dan harus di “tolong” oleh Negara lain, hingga untuk garam sendiri kita masih memerlukan Negara lain. Ikan-ikan tersebut memiliki nilai yang tidak rendah dan cenderung tinggi di pasaran. Apabila pengangguran tersebut diterjunkan ke laut untuk mencari ikan, mungkin rakyat Indonesia bisa makan ikan setiap hari. Dan Negara Indonesia kita yang tercinta memiliki tanah yang sangat subur, apabila tanah ini dikelola dengan baik, maka Indonesia bisa saja menjadi Negara penghasil hasil pertanian terbesar di dunia, tapi kenyataannya tidak begitu, hingga saat ini Indonesia masih mengimport beras dari Negara lain. Hal itu semua terjadi karena kita kekurangan sumber daya manusia untuk mengelola semua itu, mindset rakyat Indonesia kebanyakan menilai bahwa pekerjaan sebagai nelayan dan petani itu adalah pekerjaan keras rendahan yang tidak cocok bagi mereka yang manja, hingga mereka lebih meilih kota sebagai lahan pencaharian mereka. Itu merupakan salah satu penyebabnya banyak kaum-kaum intelektual pintar bicara yang tidak dapat menghasilkan sesuatu untuk dirinya, pikiran mereka telah di setting dengan pekerjaan kantoran, hidup mewah, dll. Padahal di desa dan dilaut Indonesia terdapat “ladang-ladang emas” yang sederhana tapi elegan.

YANG HARUS DILAKUKAN
peran pemerintah sangat diperlukan untuk mengatasi pengangguran ini serta kerjasama dengan beberapa pengusaha-pengusaha, seperti membangun pabrik, baik itu bahan pangan, sandang, papan, dll. Sehingga akan memerlukan banyak tenaga kerja, tanpa harus merekrut orang luar. khususnya perusahaan pengolahan ikan, muali dari manangkap, mengelola, dan memasarkan dikelola oleh perusahaan. Indonesia begitu banyak meluluskan sarjana teknik tiap tahunnya, pemerintah harusnya mengakomodasi mereka untuk berkarya, sehingga mereka tidak berkarya untuk Negara yang lain. Contohnya pemerintah mengakomodasi mereka untuk membuat kapal nelayan yang canggih modern, hingga lebih efektif dan efisien dalam mencari ikan, hingga tidak tergantung lagi akan cuaca. Terus setelah ikan-ikan tersebut di tanggap maka akan di opor ke dalam perusahaan untuk di kelola menjadi berbagai makanan olahan daging ikan, dan yang lainnya langsung di opor ke pasar. Perusahaan ini tidak cuma satu, perusahaan ini di bangun di sepanjang pantai Indonesia, tujuannya agar benefit dan tenaga kerja yang di perlukan banyak, juga untuk mengantisipasi pencurian ikan kita oleh Negara lain. Dengan suatu konsep itu saja Indonesia akan kehilangan banyak pengangguran dan dapat memacu lebih cepat perekonomian Indonesia.

oke, itu dari sector kelautan, kita beralih ke sector pertanian. Indonesia memiliki banyak gunung aktif itu menguntungkan Indonesia karna tanah yang ada di sekitarnya sangatlah subur, tapi kenapa masih ada rakyat Indonesia yang kelaparan? Itu karena Indonesia kurang sukses mengelola tanahnya, dan sekali lagi kurangnya sumber daya manusia yang bekerja di bidang ini. Itu mungkin di karenakan hasil panen yang tidak menentu, dan harga pupuk dan obat antihama yang dinilai mahal oleh petani. Oke, Indonesia memiliki institusi-institusi pertanian, sarjana-sarjana pertanian ini diminta untuk meneliti tentang cara mengatasi hama dan biaya researchnya di urus oleh pemerintah, pemerintah juga harus menurunkan harga pupuk agar kualitas hasil pertanian kita bagus, dan di bantu oleh peralatan yang modern yang di alokasikan oleh pemerintah untuk meningkatkan hasil pertanian, dan setiap sarjana ini di turunkan ke setiap lahan atau kelompok pertanian, hingga ada yang mengawasi dan memprakterkan ilmunya, dan petani-petani di beri penyuluhan tentang internet, hingga dapat mengetahui perkiraan cuaca dan dapat menanggulangi berbagai macam hama secara otodidak.

dengan di terapkannya konsep ini, insyaallah Indonesia bisa mengatasi masalah ketenagakerjaan dan dapat membantu perekonomian di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s