backpacker ke lombok (catatan perjalanan)

Backpacker to lombok

6 juni 2013
Perjalanan di awali dari stasiun kircon bandung menuju stasiun lempuyangan jogja, smpai di lempuyangan langsung nyari makanan, berjalan sktar 14menit ke pasar lempuyangan kita akan bertemu dengan nasi yang enak dan murah. Jam 8pagi 7juni, brangkat dari lempuyangan menuju banyuwangi, kereta mengalami sedikit masalah di gubeng surabaya, setelah nunggu 3jam, akhirnya kita brangkat menuju banyuwangi. 21.20 tiba di banyuwangi.  Lanjut makan soto yang berada di luar stasion, lumayanlah buat nganjal perut. Berjalan sedikit sampai di ketapang, beli tiket dan bersiap lintas waktu dari WIB ke WITA. ketapang

8 juni 2013
00.00 nyampe di gilimanuk bali, dan jalan ke terminalnya buat nyari bus ke padang bai. Di perjalanan ke padang bai, kita akan benar-benar tiba di “bali”, mulai dari patung, tradisi yang tiap ada tempat bakar dupa supirnya berhenti buat nyuci muka, dan ngebasahin mobilnya dari air yang ada disana, dan pastinya bau dupa. 08.00 sampai di padang bai, beli tiker dan langsung naik kapal. Kapal disini beda dengan kapal penyebarangan ke bali. Kapal ke lombok lebih bagus, mewah, dan besar. 11.30 tiba di pelabuhan lembar lombok, disini kita tidak akan menemukan angkot atau taksi, kita harus berjalan keluar buat menemukannya. Karena kita tidak tau, kita di tawari mobil, langsung ke senggigi dan setelah tawar-menawar harga kita berangkat ke senggigi. Dikawasan senggigi ini banyak terdapat homestay dengan harga yang murah. Kami memilih sonya homestay, tempatnya dekat dengan art market, dan dekat dengan pantai. Sunset di senggigi salah satu sunset terbaik di indonesia menurutku, karena sang matahari terbenam di samping gunung agung  menuju lombok,sunset at senggigi

9 juni 2013
11.00 kita check out dari sonya, kita akan berangkat ke gili trawangan, sebelumnya nyari nasi dulu, Sudah 2 hari gak makan nasi. Untung dekat situ ada yang jual nasi campur, khas lombok(Keluar sonya belok kanan, dekat tikungan). Setelah makan kita lanjut ke bangsal menggunakan bemo (bemo panggilan untuk angkot di lombok), nanti kita akan di turunkan di simpang menuju pelabuhan, kita bisa naik cidomo(10rbu) atau jalan kaki sekitar 15 menit. Sampai di pelabuhan kita membeli tiket dan dikenakan biaya administrasi. Setelah petugas memanggil warna tiket kita, dan saatnya kita naik perahu (warna tiket menentukan kapal dan tujuannya) perjalanan selama 20menit, sip. Kita akan mendarat di gili trawangan di sambut dengan bule-bule yang berkeliaran. Istirahat. Malamnya kita berkeliaran nyari hiburan, hiburan yang paling keren menurutku di trawangan yaitu di sama-sama reggea bar. Bar terbuka dan menyediakan live music sampai larut malam,disini kita bertemu dengan fire dancer pak sukrin, setelah ngobrol2 dan di ajarin fire dance, kita ditawari ikut touring snorkling. selain itu ada blue ocean itu tempat ajeb-ajeb, dan keren pokoknya. fire dance

10 juni 2013
bangun jam 9 pagi, kita tanpa sarapan langsung berangkat ke dermaga siap-siap snorkling, kita ikut touring, dari pagi jam 10, sampai jam 4 sore, kita di bawa ke 4 spot snorkilng, 1 tempat buat makan. Gak rugi pokoknya kita bisa berenang bareng penyu, atau dikerubungi ikan. Selesai dari itu, jalan ke homestay dengan oleng, dan mandi. Lalu kita siap2 buat sunset attack. Di trawangan ada nama tempat namanya sunset point, nah ini pusatnya, atau tidak kita bisa naik ke atas bukit.  Malamnya kita nyari nasi, setelah bertanya ke pak sukrin, akhirnya kita bertemu dengan warung sasak, disini ada nasi campur. Dengan harga yang gak terlalu mahal.

save water drink beer

gili trawangan

11 juni 2013
selamat pagi trawangan, ini hari terakhir kami disini. Setelah mampir sebentar di warung sasak, dan membeli tiket, kami kembali ke lombok. Nah disini semua rencana kacau balau, dan diluar dari ekpektasi kita semua, kami bertemu dengan pak junaidi(klo mau eksplore lombok bisa menghubunginya : 081933174593) dan menawari kita transportasi dengan harga yang murah, Cuma bayarin dia bensin, karena beliau ke bangsal untuk mengantar anaknya, lalu ingin balik ke mataram tapi bensinnya tidak cukup. Karena harganya sesuai kita brangkat bersama pak junaidi. Disini terjadi perdebatan pikiran, kemana kita selanjutnya, rencana awal yang singgah dulu di senggigi atau nginap di mataram. Tapi kita malah milih untuk nginap di kuta, dan mampir di desa sade dulu. But nice. Hemat waktu. Di desa sade ini tinggal suku sasak, asli lombok. Kita akan di bawa oleh tour guidenya dan menjelaskan tentang desa sade, dan sebelum masuk kita di wajibkan untuk menyumbang biaya untuk desa sade, bebas mau bayar berapa. Lanjut kita ke kuta lombok,yang berada di lombok tengah. nyari penginapan dan dapat di melaty homestay. Homestay ini recommended banget, kamar-kamarnya tepat di pinggir pantai, dan ketika kita buka pintu dan menghadap ke kanan, kita akan langsung melihat hamparan laut dengan bukit di kedua sisinya. KEREN. Kita nyampe disini sekitar jam 4, lalu kita nyewa motor dan di pakai buat ber-3. Haha. Yang punya sempat ragu-ragu, tapi akhirnya luluh juga karena harganya di naikin. Kita langsung cau ke tanjung aan. Tanjung aan adalah salah satu pantai terkeren yang pernah gw temui, disana terdapat sebuah bukit yang bisa kita naiki, dan dari atas kita bisa melihat 2 buah sisi pantai tanjung aan, dengan beda warna. Yang di sebalah kiri adalah pantai dengan pasir putih banget kayak tepung, yang satu lagi putih biasa.

penjual songket di tanjung aan

tanjung aan

12 juni 2013
nah hari ini adalah hari tersyahdu yang gue rasain, hari yang tenang banget. Gw gak ada masalah sama sekali hari ini. Bangun tidur dengan setengah nyawa, langung keluar kamar dan angkat kursi duduk di pinggir pantai, sambil ngasap dan ngopi. Anjir syahdu bget di tambah angin sepoi2, lengkap sudah. Gw duduk disini sekitar 3 jam lebih, dan sempat buat snorkling buat bantuin pancingan bapak yang punya homestay yang tersangkut, jam 12an kita berangkat ke mawun beach, perjalanannya keren banget. Jalannya bagus, pemandangannya wah banget. Di tambah pantai mawun yang punya ketenangan nomor 1. Jauh dari keramaian, para penjual souvenir juga gak aggresif. Pantai ini cocok untuk yang ingin menghilangkan stress dan mencari ketenangan. Pulang dari sana kita siap2 buat ninggalin lombok. Jam 4sore pak junaidi sudah ngejemput, kami sempat mampir bentar di mataram sebelum ke pelabuhan lembar. perjalanan menuju mawunsampai kayang,

13 juni 2013
pukul 2 dini hari, kami tiba di padang bai bali, disini kami istirahat dulu nunggu subuh, sambil makan mie dan nonton tivi sambil liatin pelayannya yang kece. Setelah nunggu sampai jam 4 subuh, kita berangkat ke ubung bali, eh ternyata nyampe ubung matahari belum juga terbit, terpaksa kita nyantai selow dulu di rumah makan padang di sebelah alfamart, disana kita bisa sholat, ngecas, dan mandi. Recommended banget, haha orangnya baik-baik. Setelah sang fajar menyingsing kita naik angkot ke tegal, lalu di lanjutkan ke kuta. Sampai kuta jam 8an, dan kuta masih terlelap dari malam harinya, sepi toko-toko masih belum buka.karena perut masih lapar, kita cari sarapan, dan karena ragu kita pilih KFC untuk sarapan kali ini, sekali-kali mewah. Setelah makan gw pun tertidur lelap di atas sofa. Bodoh amat, gak ada yang kenal gw disini. Hehe. Jam 11 kita eksplore kuta, setelah melewati gapuranya dan terbentang lah pantai dengan jutaan manusia *lebay*, pokoknya beda dengan lombok, yang masih sepi. Tapi di kuta ini pedagang2nya santai-santai, dan kita akan menemukan banyak beraneka ragam ras disini. Cocok buat nyari kenalan maupun jodoh *Eh*. Lanjut ke joger setelah jalan sekitar 15menit dari kuta, disinilah duit kita terkuras. Jam 4 sore kita meluncur ke gilimanuk, dan selamat tinggal bali. Selamat tinggal bau dupa. Sampai di ketapang jam 9 malam, dan langung beli tiket kereta ke surabaya. Disini kita naik kereta eksekutif. Sumpah beda banget dengan ekonomi dan bisnis, nyaman banget. Kita full tidur selama perjalanan.

thanks kfc

jalan-jalan di sekitar kuta

kuta bali

14 juni

4.20 kita sampai di gubeng surabaya, dan nunggu kereta yang akan membawa kami ke bandung. Sambil mengingat kenangan-kenangan dan kegilaan yang kami lakukan, tempat2 terbaik negeri ini.

Dan ini rincian biayanya:

bangsal – trawangan = 10000
pondok abdi 2 = 130000
gili trip = 100000
lembar – kuta lombok = 100000 (dengan pak junaidi)
melaty homestay =  140000
padang bai – ubung = 90000/3
ubung  - tegal  = 7000
tegal – kuta = 8000
ubung – gilimanuk = 30000
banyuwangi – gubeng surabaya = 125000 (eksekutif)
gubeng surabaya – kiaracondong bandung = 100000

Total biaya yang gw keluarkan adalah sekitar 1.5jutaan. sekian.

nih videonya, baru di update

22 thoughts on “backpacker ke lombok (catatan perjalanan)

• dekat kok. terminalnya dekat pintu keluar gilimanuk. insyaallah aman. jangan pernah sendiri aja, walaupun pergi sendiri. menyatu aja dengan penumpang lain, atau tanya2 sama petugas. hhe :D

1. Hai. Saya rencana mau traveling ke Gili Trawangan juga Desember nanti. Saya dari Makassar flight ke Bali. Kalo dari daerah Kuta ke P. Padang Bai ada angkutan umum gak sih kira2? Trus kalo misalkan udah nyebrang ke P. Lembar trus ke P. Bangsal bisa langsung gak ya via darat? Thanks.

• dari kuta ke terminal ubung. naik bus ke padang bai paling mahal 50rbu. nah dari lembar ke bangsal naik travel gelap gitu, ntar pas keluar pelabuhan pasti ada orang yang nawarin. disini pandai2 nawar aja. :D

2. woooooow…….. bagus sekali perjalanannya, saya rencana Dese,ber 2013 ikut seminar Bambu, catatan perjalananan ini bisa jadi pedoman dan panduan saya, makasih yaaaaa infonya

3. Bang, ane skrg baru mau nyampe banyuwangi, terus ane tanya2 ke org banyuwangi yg satu kereta katanya dari gilimanuk gk ada bis langsung ke padang bai ? Terus juga katanya kalo malem nyari bis susah ? Tolongin ane bang hehe

• Gw demen nih pas kejadian yg ini “nah hari ini adalah hari tersyahdu yang gue rasain, hari yang tenang banget. Gw gak ada masalah sama sekali hari ini. Bangun tidur dengan setengah nyawa, langung keluar kamar dan angkat kursi duduk di pinggir pantai, sambil ngasap dan ngopi. Anjir syahdu bget di tambah angin sepoi2, lengkap sudah.” Asli bang kerasa bgt haha, thanks bang infonya